KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK (kd 1.1 indikator 1.1.1)

Standar Kompetensi

1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual

Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi dasar)

1.1 Memahami karakter peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, social-ekonomi, moral, spiritual, dan latar belakang social budaya

Indikator esensial

1.1.1 Disajikan ilustrasi kegiatan pembelajaran IPS model pembelajaran kooperatif, guru dapat mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, social emosional, moral, spiritual dan latar belakang social budaya

 

Materi Esensial

KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

A.ASPEK FISIK

            Pertumbuhan fisik adalahperubahan –perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Perubahan-perubahan ini meliputi: perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama(primer) dan ciri kelamin kedua(skunder)

Urutan perubahan fisikadalah sebagai berikut:

Pada anak perempuan:

1.Pertumbuhan tulang-tulang (badan menjadi tinggi, anggota-anggota badan memanjang)

2.pertumbuhan payudara

3.Tumbuh bulu halus berwarna gelap di kemaluan

4.Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya

5. bulu kemaluan menjadi keriting

6.Menstruasi atau haid

7.Tumbuh bulu ketiak

Pada anaklaki-laki:

1.Pertumbuhan tulang-tulang

2.Testis (buah pelir) membesar

3.Tumbuh bulu kemaluan yang halus, lurus,dan berwarna gelap

4. Awal perubahan suara

5.Ejakulasi (keluar air mani)

6.(Bulu kemaluan menjadi keriting

7. Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya

8.Tumbuh rambut-rambut halsdi wajah (kumis, jenggot)

9.Tumbuh bulu ketiak

10.Akhir perubahan suara

11.Rambut-rambut di wajah berambah tebal dan gelap

12. Tumbuh bulu di dada

 

B. ASPEK INTELEKTUAL

Intelegensi pada masa remaja tidak mudah diukur, karena tidak mudah terlihat perubahan kecepatan perkembangankemampuan tersebut. Perkembangan kognitif menurut Jean Peaget adalah sebgai berikut:

TAHAP

UMUR (tahun)

CIRI POKOK PERKEMBANGAN

SENSORIMOTOR

0 – 2

Berdasarkan tindakan langkah demi langkah

PRAOPERASI

2 – 7

  • Penggunaan simbo/bahasa/tanda
  • Konsep intuitif

OPERASI KONKRET

8 – 11

  • Pakai aturan jelas/logis
  • Reversible

OPERASI FORMAL

11 ke atas

  • Hipotesis
  • Abstrak
  • Deduktif dan induktif
  • Logis dan probabilitas

 

C.ASPEK SOSIAL

Kehidupan sosial pada masa remaja ditandai oleh hal-hal sebagai berikut:

1.Menonjolnya fungsi intelektual dan emosional

2.Anak mengalami krisis identitas, sehingga mereka ingin mencari jati diri dan teman akrab

3. Pergaulan remaja diwujudkan dalam bentuk kelompok, baik besar maupun kecil

 

D. ASPEK EMOSIONAL

Secara tradisional masa remaja dianggap sebagai periode “badai dan tekanan”, suatu masa dimana ketegangan emosi meningkat akibat dari perubahan fisik dan kelenjar.

Ciri-ciri emosional remaja adalah:

a.Usia 12 – 15 tahun

1.Pada usia ini anak cenderung banyak murung dan tidak dapat diterka. Sebagian kemurungan sebagai akibat perubahan-perubahan biologis dalam hubungannya dengan kematangan seksual dan sebagian lagi karena kebingungannya dalam menghadapi apakh ia masih sebagai anak-anak atau sebagiai orang dewasa.

2. Anak mungkin bertingkah laku kasar untuk menutupi kekurangan dalam hal percaya diri

3. Ledakan-ledakan kemarahan mungkin bisa terjadi

4. Remaja cenderung tidak toleran terhadap orang lain dan membenarkan pendapatnya sendiri yang disebabkan kurangnya rasa percaya diri.

5. Siswa-siswa di SMP mulai mengamatiorang tua dan guru-guru mereka secara lebih objektif dan mungkin menjadi marah apabila mereka ditipu dengan gaya guru yang bersikap serba tahu.

E.KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA

Bahasa remaja adalah bahasa yang telah berkembang. Anakremaja telah banyak belajar dari lingkungannya  dan dengan demikian bahasa remajater bentuk oleh kondisi lingkungan.

Ciri khas bahasa remaja antara lain:

1.Munculnya bahasa pergaulan dikalangan mereka sendiri seperti bahas sandi, bahas prokem, dll

2. Pemilihan kosakata maupun nada bicara sangat dipengaruhi oleh lingkungan tempat tinggal remaja tersebut.

F. PERKEMBANGAN NILAI DAN MORAL

Perubahan moral yang harus dilakukanoleh remaja adalahsebagai berikut:

1.Pandangan moral individu makin lama makin menjadi abstrak

2.Keyakinan moral lebih terpusat pada apa yang benar dan kurang pada apa yang salah

3.Penilaian moral menjadi semakin kognitif

4. Penilaian moral menjadi kurang egosentris

5. Penilaian moral secara psikologis menjadi lebih mahal dalam arti bahwa penilaian moral merupakan bahan emosi dan menimbulkan ketegangan.

 

STADIUM

ORIENTASI

Prakonvensional

  • Stadium 1

 

  • Stadium 2
 

  • Anak berorientasi pada kepatuhan dan hukuman

 

  • Berlaku prinsip relativistik-hedonism
Konvensional

  • Stadium 3

 

  • Stadium 4
 

  • Ingin selalu dianggap menjadi anak baik

 

  • Tahap mempertahankan norma-norma sosial dan otoritas
Pasca konvensional

  • Stadium 5

 

 

  • Stadium 6
 

  • Tahap orientasi terhadap perjanjian antara dirinya dengan lingkungan sosial

 

  • Tahap ini disebut Prinsip universal

 

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s