Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi dasar)

14.4 Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar

Indikator esensial

14.4.1 Disajikan data permintaan suatu barang guru dapat mendeskripsikan hukum permintaan dengan benar

 

Materi Esensial

PERMINTAAN

  1. Pengertian Permintaan

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu

Contoh:

Apabila harga kaus per buah Rp25.000,00, dalam 1 hari ada 200 orang konsumen yang masing-masing bersedia membeli 1 kaus. Jadi, jumlah kaus yang akan diminta konsumen jika harganya Rp25.000,00 per buah sebanyak 200 kaus. Sekarang pikirkan! Kira-kira, apa yang terjadi jika harga kaus per buah menjadi lebih mahal, misalnya Rp50.000,00? Apakah dalam 1 hari jumlah orang yang bersedia membeli masih sebanyak 200 orang? Jawabnya sebagai berikut: Kemungkinan besar tidak. Jumlah pembeli kaus akan menjadi lebih sedikit. Mengapa demikian? Karena dari ke-200 konsumen tadi, tidak semua memiliki uang yang cukup untuk membayar harga kaus itu. Dengan harga per buah Rp50.000,00, jumlah pembeli hanya 150 orang. Jadi, jumlah kaus yang akan diminta konsumen jika harganya Rp50.000,00 per buah sebanyak 150 buah. Jika harga kaus per buah menjadi lebih mahal lagi, misalnya Rp75.000,00, apa yang terjadi? Betul! Jumlah konsumen semakin sedikit sehingga jumlah kaus yang akan diminta pun menjadi semakin sedikit pula, yaitu hanya 100 kaus. Informasi seperti itu dalam bentuk tabel dapat dinyatakan sebagai berikut.

 

 

Tabel di atas disebut daftar/skedul permintaan kaus. Informasi pada skedul permintaan kaus dapat digambarkan menjadi kurva permintaan kaus. Untuk menggambar kurva permintaan, dibutuhkan sumbu tegak dan sumbu mendatar. Sumbu tegak digunakan untuk menggambarkan harga (price/P), sedangkan sumbu mendatar untuk menggambarkan jumlah yang diminta (quantity demanded/Qd). Berdasarkan skedul permintaan kaus, kurva permintaan kaus dapat digambarkan. Kombinasi A dan B, dan C akan membentuk tiga titik. Bila ketiga titik tersebut dihubungkan, akan membentuk kurva permintaan kaus sebagai berikut:

 

 

 

Berdasarkan skedul dan kurva permintaan, dapat dilihat bahwa apabila harga kaus naik maka jumlah kaus yang diminta akan berkurang dan sebaliknya, apabila harga kaus turun maka jumlah kaus yang diminta akan bertambah. Sifat permintaan kaus semacam ini juga berlaku untuk permintaan sebagian besar barang dan jasa kebutuhan manusia. Hal ini terjadi karena berlakunya hukum permintaan yang berbunyi, “Jika harga suatu barang naik maka jumlah yang diminta akan turun dan sebaliknya. Jika harga turun, jumlah yang diminta akan naik”. Nah, setelah membaca uraian di atas, dapatkah kalian menyimpulkan apa yang dimaksud dengan permintaan? Permintaan merupakan skedul atau kurva yang menggambarkan jumlah barang yang diminta konsumen pada berbagai tingkat harga barang tersebut.

Pengertian permintaan seperti ini didasarkan pada anggapan bahwa faktor selain harga yang juga memengaruhi jumlah yang diminta tidak mengalami perubahan (asumsi ceteris paribus).

  1. Hukum Permintaan

Hukum permintaan adalah hukum yang menjelaskan tentang adanya hubungan yang bersifat negatif antara tingkat harga dengan jumlah barang yang diminta. Apabila harga naik jumlah barang yang diminta sedikit dan apabila harga rendah jumlah barang yang diminta meningkat

Dengan demikian hukum permintaan berbunyi:

“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang tersedia diminta”

Pada hukum permintaan berlaku asumsi ceteris paribus. Artinya hukum permintaan berlaku jika keadaan atau faktor-faktor selain harga tidak berubah (dianggap tetap)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s