kompetensi dasar 14.3

Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi dasar)

14.3 Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional

Indikator esensial

14.3.1 Disajikan 5 fungsi pajak, guru mampu mendeskripsikan 3 fungsi pajak dalam perekonomian nasional dengan benar.

 

Materi Esensial

FUNGSI PAJAK DALAM PEREKONOMIAN NASIONAL

Pajak mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan bernegara, khususnya dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan salah satu sumber pendapatan Negara untuk membiayai pembangunan

Fungsi pajak dalam pembangunan adalah sebagai berikut:

  1. 1.   Fungsi Anggaran (budgetair)

Sebagai sumber pandapatan Negara pajak berfungsi untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran Negara berupa tugas-tugas rutin dan pelaksanaan pembangunan. Dewasa ini, pajak digunakan untuk pembiayaan rutin, seperti belanja pegawai, belanja barang dan pemeliharaan.

2. Fungsi mengatur (Regulerend/Regulatory)

Pemerintah dapat menargetkan besarnya pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan pajak. Dengan fungsi mengatur, pajak dapat digunakan sebagai alat mencapai tujuan. Contohnya, dalam rangka merangsang dan meningkatkan investai maka pemerintah dapat memberikan fasilitas keringanan pajak investasi

3. Fungsi stabilitas

Melalui pungutan pajak, pemerintah dapat mengatur aktivitas ekonomi masyarkat sehingga akan tercipta kondisi ekonomi yang stabil. Misalnya pada saat terjadi inflasi pemerintah dapat menaikkan pajak. Dengan naiknya pajak maka akan menyebabkan berkurangnya bagian pendapatan masyarakat yang dapat mereka belanjakan. Hal ini akan mendorong menurunnya pengeluaran konsumsi masyarakat dan pada akhirnya menurunnya permintaan masyarakat ini akan diikuti pula oleh turunnya harga-harga secara umum sehingga stabilitas harga dapat tercapai.

4. Fungsi redestribusi pendapatan

Dengan adanya punggutan pajak, pemerintah dapat mengatur distribusi dan mengalokasikan peruntukan pajak sehingga semua masyarakat secara langsung ataupun tidak langsung dapat merasakan manfaat dari hasil pemungutan pajak yang dilakukan oleh pemerintah. Manfaat tersebut dapat dirasakan dari fasilitas-fasilitas umum yang disediakan oleh pemerintah, layanan public dan sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s