PERISTIWA RENGASDENGKLOK (kd 12.1 indikator 12.1.1)

Standar Kompetensi

12. Memahami usaha persiapan kemerdekaan

Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi dasar)

12.1 Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia

Indikator esensial

12.1.1 Guru mampu mendeskripsikan peristiwa rengasdengklok sebagai peristiwa sejarah yang mendorong terwujudnya proklamasi kemerdekaan RI sebagai deklarasi terbentuknya NKRI

 

Materi Esensial

PERISTIWA RENGASDENGKLOK

 

I.LATAR BELAKANG

Pada tanggal 15 Agustus 1945 Kaisar Hirohito mengumumkan penyerahan Jepang kepada sekutu. Berita itu membawa perbedaan sikap antara golongan muda yang ingin secepanya memproklamirkan kemerdekaan dengan golongan tua yang ingin memproklamirkan kemerdekaan sesuai perjanjiannya dengan Terauchi yaitu tanggal 18 Agustus 1945. Perbedaan pendapat itu sampai menyebabkan ketegangan antara golongan tua dan golongan muda

II. KRONOLOGI KEJADIAN

1.Tanggal 15 Agustus 1945 pukul 20.00 WIB para pemuda yang dipimpin oleh Chaerul Saleh melakukan pertemuan di gedung lembaga bakteorologi di jalan pegangsaan Timur No. 17 Jakarta. Yang menghasilkan keputusan:

a.Mendesak Soekarno dan Hatta memproklamirkan kemerdekaan pagi itu juga

b.Menunjuk Wikana, Darwis dan Subadio untuk menemui Soekarno-Hatta dan menyampaikan keputusan rapat dengan catatan kemerdekaantidak diproklamasikan melalui PPKI

c.Membagi tugas kepada para mahasiswa, pelajar dan pemuda di seluruh Jakarta untuk merebut kekuasaan dari Jepang

2.Tanggal 15 Agustus1945 pukul 24.00 WIB pemuda melakukan pertemuan kembali di Asrama Baperpi di jalan Cikini No. 71 Jakarta. Memutuskan bahwa mereka harus membawa Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok yang bertujuan menjauhkan kedua tokoh pejuang tersebut dari tekanan dan pengaruh Jepang.

3.Tanggal 16 Agustus 1945 pukul 04.00 WIB Soekarno-Hatta dibawa ke Rengasdengklok oleh para pemuda yang dipimpin oleh Syodanco Singgih.

4.Tanggal 16 Agustus 1945 pukul 17.30 WIB Ahmad Soebardjo tiba di Rengasdengklok dan memberi jaminan dengan nyawanya bahwa proklamasi kemerdekaan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945.

III.PERUMUSAN TEKS PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

1.Tanggal 16 Agustus 1945 pukul 23.00 WIB rombongan Soekarno-Hatta tiba kembali ke Jakarta yang semula menuju Hotel Des Indes kemudian berubah menuju ke rumah Laksamana Maeda yang berada di Jalan Imam Bonjol No 1 Jakarta.

Penyusunan dilakukan di ruang makan rumah laksamana Maeda yang diikuti oleh Sukarni, Sudiro, BM Diah, Soekarno, Moh Hatta dan Ahmad Soebardjo.

2.Tanggal 17 Agustus 1945 pukul 04.00 WIB Soekarno membacakan naskah Proklamasi kemerdekaan yang langsung disetujui oleh semua Hadirin.

IV.PERNYATAAN PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA

Pernyataan proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di rumah Soekarno  Jl Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta pada tangal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s