PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS( Kompetensi dasar 10.3 indikator 10.3.1)

Standar Kompetensi

10. Melakukan tindakan untuk peningkatan kualitas pembelajaran

Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi dasar)

10.3 Melakukan PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS

Indikator esensial

10.3.1 Guru dapat menguraikan prosedur sistemik penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran IPS

Materi Esensial

PROSEDUR PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

            PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur/bersiklus, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi.

format-siklus-ptk

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.Perencanaan

Dalam tahap perencanaan peneliti harus menentukan tindakan apa yang akan dilakukan untuk perbaikan terhadap masalah yang dihadapi. Rencana akan menjadi acuan dalam melaksanakan tindakan.

Langkah – langkah dalam membuat perencanaan adalah:

1)Rumuskan cara perbaikan yang akan ditempuh dalam bentuk hipotesis tindakan

2)Analisi kelayakan hipotesis tindakan yang meliputi a) kemampuan dan komitmen guru sebagai pelaksana b) kemampuan dan kondisi fisik siswa dalam mengikuti tindakan tersebut 3) ketersediaan sarana dan prasarana yng diperlukan 4) iklim belajar dan iklim kerja di sekolah

b.Pelaksanaan Tindakan

Tindakan merupakan realisasi dari rencana yang telah dibuat. Langkah – langkah dalam melaksanakan tindakan adalah:

1)Menyiapkan pelaksanaan dengan cara a) membuat RPP b) menyiapkan fasilitas pendukung c)menyiapkan cara merekam dan menganalisa data d)mensimulasikan tindakan

2)Melaksanakan tindakan. Hal yang harus diperhatikan adalah a) jangan mengorbankan siswa untuk penelitian b) pengumpulan data jangan menyita waktu pembelajaran c) metodeyang diterapkan  harus reliable dan handal d) masalah yang ditangani harus sesuai dengan kemampuan guru e) menginformasikan kepada orang tua peserta didik f)mendapat dukungan dari warga sekolah

c.Observasi

Berdasarkan hasil pengamatan akan segera dapat ditentukan hal-hal yang harus segera dipebaiki agar tujuan yang telah dirumuskan dapat tercapai. Prinsip dasar observasi adalah

1)Perencanaan bersama antara peneliti dengan kolaborator

2) Fokus/spesifik

3) Membangun criteria

4) Keterampilan observasi

5) Feedback

d.Refleksi

Pada tahap ini peneliti melakukan hal-hal sebagai berikut:

1)Merenungkan kembali apa yang telah dilakukan dan apa dampaknya pada proses belajar siswa

2) Merenungkanalasan melakukan tindakan dikaitkan dengan dampaknya

3) Mengidentifikasai kelemahan dan kekuatan dari tindakan yang dilakukannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s